Posted on Leave a comment

Kolitis Menu dan Pola Makan Apa yang cocok buat saya?

sebelumnya pernah dibahas, mengenai apa itu kolitis? bisa lihat di post sebelumnya yah… jadi secara garis besar itu kolitis peradangan yang terjadi di usus besar, namun tiap orang memiliki kecenderungan berbeda tingkat keparahannya.

Efek dari sakit ini biasanya ada 2 garis besar, dari beberapa rangkuman teman-teman di grup kolitis yang mengalami peradangan ini, yaitu kecenderungan diare/ kecenderungan konstipasi, ini sama persis yang pernah dokter infokan kepada saya, bahwa radang ini memiliki dua kecenderungan bisa cenderung sembelit/ cenderung diare.

Pola makan? ini cukup sulit di awal saya menderita sakit ini, dokter suggest untuk trial & error? maksudnya?ya sama seperti kita mencoba makanan ini cocok dibadan kita/ tidak, percobaan biasanya 3 hari berturut-turut dengan menu baru yang belum pernah kita makan saat kita sedang sakit. saya beri sedikit contoh ya

Pola makan harian normal & tidak menimbulkan kekambuhan radang saya =

  1. nasi putih
  2. sayur sop (wortel,kuah,kol)
  3. tempe
  4. ayam goreng
  5. pisang

menu baru/makanan yang tidak pernah saya coba ( 6.pepaya)

pepaya ini menu baru untuk saya dan akan saya coba trial selama 3 hari, jika efeknya selama 3hari semakin kurang baik dibadan(misal menjadi diare) maka sebaiknya untuk sementara tidak perlu dikonsumsi

sebenernya, menurut pendapat pribadi saya, tubuh beradapatasi dengan makanan/ pola makan /semua pola hidup , termasuk pola istirahat pola tidur, itu selama 3 bulan, jadi bisa dikatakan 3 bulan itu adalah waktu transisi tubuh untuk menerima hal-hal baru, setelah itu tubuh akan terbiasa dengan pola itu. biasanya pola ini berlaku jika kita ingin mencoba detoksifikasi ke dalam tubuh kita untuk masuk makanan sehat ke dalam tubuh.

lalu bagaimana menu yang sebaiknya saya konsumsi? kembali lagi ke awal 2 garis besar efeknya yaitu sembelit/ diare, jika kecenderungannya misal adalah diare maka batasi konsumsi makanan yang serat tinggi, dan bisa diganti dengan yang rendah serat dan bisa ditolerir oleh tubuh kita. secara umum yang dihindari yaitu serat tinggi, santan,susu tinggi lemak (biasanya sy ganti dengan yakult/tidak mengandung laktosa tinggi & tidak rutin untuk dikonsumsi),makanan pedas .

Jika masi ada beberapa teman teman yang masih kebingungan untuk pola makan, bisa dikonsultasikan langsung dengan dokter yang sedang menangani penyakit teman-teman, atau bisa share dengan group kolitis kami, untuk sekedar berbagi informasi yah. mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *